5 Tips Mengirim Dokumen Penting ke Luar Negeri

Dewasa ini, kecanggihan teknologi membuat orang tidak perlu mengirimkan surat atau dokumen lewat kurir. Surat atau dokumen bisa dilampirkan lewat surel yang lebih mudah dan praktis. Apalagi Anda yang perlu melakukan tanda tangan pun, bisa menggunakan aplikasi tertentu untuk melakukan tanda tangan online yang sah dimata hukum. Meski pengiriman dokumen bisa lewat lampiran surel, namun kadang dokumen nyata tetap dibutuhkan sehingga Anda perlu mengirim paket via jasa kirim barang ke luar negeri.


Hal yang harus Anda perhatikan saat mengirim dokumen ke luar negeri

Dokumen penting harus dikirim menggunakan jasa pengiriman yang berkualitas agar sampai ke tangan penerima dengan aman. Supaya paket berisi dokumen penting Anda tidak hilang atau rusak, sebaiknya ketahui 5 hal yang harus Anda perhatikan berikut ini.

1.                 Memilih jasa pengiriman yang berkualitas

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih jasa pengiriman yang berkualitas. Cari informasi yang akurat lewat media online atau offline terkait jasa pengiriman paket ke luar negeri yang memiliki testimoni bagus.

Tak hanya menawarkan harga layanan murah saja, tetapi menawarkan pengiriman dokumen penting tepat waktu. Apabila terjadi delay pengiriman akibat berbagai kondisi seperti penyebaran COVID-19, pihak jasa kirim barang sudah melakukan pemberitahuan sebelumnya.

2.                 Mengecek layanan dan harga pengiriman barang

Setelah melakukan cek informasi terkait pengiriman paket ke luar negeri yang terpercaya, maka segera lakukan pemilihan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan. Jika ekspedisi tertentu menawarkan harga lebih murah dengan pelayanan yang sama, kenapa tidak?

3.                 Ketahui informasi terkait penjemputan paket

Kemudahan pelayanan merupakan trik bisnis di era digital, lho! Sebaiknya Anda mengetahui informasi terkait fasilitas layanan penjemputan barang secara gratis. Jasa pengiriman paket ke luar negeri yang terpercaya memiliki sistem layanan yang baik.

Misalnya Anda hanya perlu menghubungi kontak layanan, konsultasi kebutuhan pengiriman, pengisian informasi, pembayaran, dan penjemputan paket ke alamat pengirim. Anda tidak perlu keluar rumah pun, kurir bisa langsung menjemput paket.

4.                 Meminta resi pengiriman

Hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan saat mengirimkan paket dokumen ke luar negeri adalah meminta resi pengiriman. Resi pengiriman menjadi tanda bukti yang bisa Anda kirimkan ke pelanggan bahwa paket sudah berhasil dikirimkan via ekspedisi terpilih.

Anda juga bisa melakukan tracking resi pengiriman, apabila terjadi risiko paket dokumen tidak kunjung sampai ke penerima. Tracking akan membantu Anda mengetahui barang berada di gudang kota atau negara mana.

5.                 Menunggu laporan barang sampai ke tangan penerima

Setelah menerima resi pengiriman paket ke luar negeri, Anda hanya perlu menunggu laporan saja. Jika Anda sudah melakukan pengiriman paket dokumen ke luar negeri sesuai dengan prosedur yang berlaku, tidak perlu khawatir berlebihan. Paket yang terhambat sampai ke tangan penerima bisa disebabkan oleh hal-hal tertentu yang masih bisa dimaklumi.

Pastikan Anda memilih layanan pengiriman yang menerapkan asuransi sehingga tidak ada risiko paket hilang yang merugikan. Meskipun Anda mengirimkan dokumen dengan asuransi, tetap lakukan pengemasan yang rapi.

Beberapa cara kirim paket dokumen ke luar negeri yang aman bisa Anda terapkan nanti, ya! Kini Anda bisa bernapas lega sebab jasa kirim barang bisa membantu proses pengiriman paket dokumen lebih cepat. Tinggal duduk manis di rumah, kurir yang berpengalaman akan datang untuk menjemput paket. Sangat mudah, praktis dan hemat biaya dua kali lipat, bukan?

Post a Comment

0 Comments