5 Penyebab Bibir Hitam Yang Wajib Diketahui

Memiliki bibir dengan tampilan yang merah alami dan tampak cerah akan membuat penampilan semakin menarik. Oleh sebab itu, untuk mendapatkannya banyak hal yang bisa dilakukan, misalnya saja seperti wanita dengan menggunakan lipstick.

Namun, ternyata hal tersebut dapat berdampak pada perubahan warna bibir semakin menggelap. Tak hanya itu, ada pula faktor lain yang membuat perubahan tersebut. Sebelum mengetahui cara menghilangkan bibir hitam, lebih baik cari tahu dulu apa penyebabnya.

Faktor Pemicu Bibir Berwarna Hitam

1. Paparan Sinar Matahari

Seperti yang telah diketahui, untuk melindungi kulit tubuh akan mengeluarkan melanin yang berperan dalam menyerap sinar ultraviolet dari matahari. Proses tersebut terjadi untuk melindungi kulit dari kerusakan yang mungkin terjadi akibat paparan sinar matahari. Sehingga, hal tersebut akan berdampak pada perubahan kulit menjadi agak kecoklatan.

Selain pada kulit tubuh pada umumnya, ternyata paparan sinar tersebut juga turut andil dalam membuat bibir menjadi menggelap. Maka dari itu, untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan ini, penting bagi anda untuk mengaplikasikan pelindung matahari di bibir, ketika sedang beraktifitas di luar ruangan. Penggunaan lip balm dengan kandungan SPF 30 atau lebih biasanya mampu melindungi bibir dari kerusakan akibat sinar matahari.

2. Merokok

Sebagian besar perokok pasti memiliki kondisi kulit bibir yang berwarna hitam. Hal tersebut dapat terjadi karena kehadiran nikotin dan benzpyren dalam asap rokok mendorong produksi melanin di kulit. Dimana, produksi melanin yang berlebih ini bisa menjadi penyebab bibir hitam. Biasanya, kondisi perubahan warna tersebut dapat muncul ketika seorang telah merokok selama berbulan- bulan bahkan bertahun- tahun.

Selain menggelapkan warna bibir, kebiasaan merokok bisa mempengaruhi penampilan dari bibir, serta membuat kulit sekitar mulut mengkerut dan gusi berwarna gelap.  Bahkan, lebih parahnya lagi adalah bisa memicu munculnya penyakit kanker mulut. Oleh karena itu, jika menginginkan bibir yang cerah dan sehat, maka sudah sepatutnya anda menghindari kebiasaan buruk satu ini.

3. Kurang Vitamin Dan Dehidrasi

Kebutuhan nutrisi dalam tubuh merupakan salah satu hal yang harus terpenuhi dengan baik. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga sistem kerja semua organ serta kesehatan tubuh pada umumnya. Kekurangan nutrisi seperti vitamin dan air pasti akan menimbulkan dampak yang merugikan pada tubuh, tak terkecuali masalah bibir. Dimana, kondisi bibir akan menjadi berwarna hitam, apabila tubuh kekurangan vitamin B12.

Selain vitamin, kekurangan air juga berbahaya bagi tubuh, tak terkecuali masalah kesehatan bibir. Tubuh yang berada pada kondisi dehidrasi akan berefek pada kondisi bibir yang menjadi kering dan mengelupas, dimana keadaan seperti itulah yang menjadi penyebab bibir hitam. Oleh sebab itu, penting bagi anda untuk memenuhi kebutuhan air dan vitamin dalam tubuh agar kesehatan tubuh secara umum terjaga dengan baik, termasuk kulit bibir.

4. Sering Menjilat Bibir

Sebagian besar orang tidak menyadari bahwa kebiasaan satu ini bisa menyebabkan bibir menjadi hitam. Dengan dalih membuat bibir tampak lembab, ternyata kebiasaan tersebut malah akan membuat kulit tersebut menjadi lebih kering. Dimana, bila kondisi tersebut terus anda lakukan, lama- kelamaan warna bibir anda akan berubah menjadi gelap atau hitam.

Ketika anda membasahi kulit bibir, maka akan membuat air tersebut semakin banyak menguap. Kondisi tersebutlah yang lama kelamaan akan membuat bibir menjadi kering, pecah- pecah, serta berpotensi membuat bibir berubah menghitam. Oleh sebab itu, bagi anda yang ingin melembabkan bibir, lebih baik dengan mengaplikasikan lip balm atau produk pelembab kulit bibir lainnya.

5. Tidak Pernah Eksfoliasi Bibir

Mengangkat sel kulit mati merupakan hal yang perlu dilakukan, tak terkecuali pada kulit bibir. Maka dari itu, penting untuk melakukan eksfoliasi pada bibir untuk menjaga kesehatannya. Pengelupasan kulit mati pada bibir bisa dilakukan dengan menggunakan lip scrub atau cara lainnya. Bila kebiasaan ini tidak pernah dilakukan, bisa memicu penyebab bibir hitam karena akibat dari banyaknya sel kulit mati yang menumpuk.

Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan perubahan warna bibir menjadi gelap atau hitam. Selain dari faktor genetik, sebagian penyebab hadir dari kebiasaan atau gaya hidup yang tidak baik. Oleh sebab itu, agar tampilan kulit bibir tetap cerah, merona dan sehat, maka penting bagi anda untuk menghindari faktor yang meningkatkan resiko terjadinya bibir hitam.

Post a Comment

0 Comments