Tips Sehat Ala Jsr Dr.Zaidul Akbar

Menjaga kesehatan (Sumber : Pixabay)


Hai ... Sudahkah kau mencoba cara sehat ala JSR? Itu Jurus Sehat Rasulullah yang digaungkan oleh dr.Zaidul Akbar. Untuk yang sudah mencoba, nama ini tentu tidak asing lagi ya. Beliau tidak hanya di kenal melalui social media, tetapi memperkenalkan dan mengambarkan JSR melalui kajian-kajian. Salah satunya saya, hehe.

Menjaga hidup sehat bahwasanya tidak hanya dengan menjaga konsumsi makan, tetapi yang terpenting yaitu bagaimana kita bisa memahami kondisi badan dan memperlihatkan asupan yang sesuai, tanpa berlebihan atau tidak hanya ingin menggugurkan rasa lapar saja. Hidup sehat yaitu dengan memperhatikan apa yang kita asup, menjaga contoh hidup, cukup air putih dan rutin olahraga menjadi bab yang serangkai. Tips menjaga kondisi badan ala JSR yaitu :

1. Konsumsi makan secukupnya
Makanan yang kita masukkan dalam tubuh, hendaknya dalam jumlah yang cukup, tidak berlebihan. Akan terjadi efek yang kurang menyenangkan bisa asupan kita dalam jumlah banyak, antara lain :
  • perut terasa penuh atau kekenyangan
  • Berat untuk bergerak
  • Mudah mengantuk
  • Mendatangkan penyakit menyerupai obesitas, tinggi kolesterol, dll.

Melihat isi piring dahulu sebelum makan bisa dilakukan untuk menjaga asupan kuliner yang akan masuk ke dalam badan kita. Dengan begitu kita bisa memastikan apakah porsinya sudah sesuai dengan kebutuhan atau justru berlebihan. Bila kurang bisa ditambahkan dan sebaliknya, kalau jumlahnya banyak maka perlu dikurangi.
Dr.Zaidul mengingatkan bahwa komposisi perut terdiri dari sepertiga makanan, sepertiga minuman dan tampaknya lagi yaitu udara.   

2. Melakukan puasa sunnah
Nabi Muhammad SAW, melaksanakan puasa sunah Senin dan Kamis secara rutin. Tentu banyak manfaat dengan menjalankan puasa sunah ini, menyerupai menjaga kesehatan tubuh. Saat berpuasa, organ badan akan melaksanakan pencucian terhadap racun-racun yang ada di dalamnya dan kemudian dikeluarkan melalui keringat, BAK dan BAB. Untuk menjaga kondisi tubuh, ketika berbuka puasa hendaknya tidak melaksanakan pembalasan dengan makan sebanyak-banyaknya, tetapi konsumsinya tetap diubahsuaikan dengan kemampuan tubuh.
Selain berpuasa Senin Kamis, juga ada puasa sunah Ayyamul Bidh, yaitu dipertengahan bulan, tanggal 13,14 dan 15 di bulan Hijriah kecuali pada hari tasyik yaitu tgl 13 Dzulhijah.

3. Konsumsi rimpang atau rempah
Zaman kakek atau nenek mungkin kita pernah melihat mereka minum jamu godok yang rasanya pahit dan nggak karuan. Bahkan ketika kita diminta untuk mencobanya, niscaya jawaban yang kita berikan yaitu sebuah gelengan kepala. Karena mencium aromanya yang menyengat dan warna airnya yang menghitam saja sudah menciptakan kita bergidik, apalagi meminumnya. uhh nggak deh rasanya.
Racikan jahe dan jeruk nipis (Sumber : Pixabay)

Nah, kini dr. Zaidul mengenalkan kita dengan konsumsi rimpang yang ada di sekitar kita. Bahan yang gampang didapat dan harganya pun terbilang sangat terjangkau, bahkan terbilang murah. Rimpang tersebut bisa menjadi konsumsi air kita sehari-hari selain dari minum air putih tentunya. Rimpang yang biasa dipakai menyerupai jahe, sereh, kunyit, kayu manis, jeruk nipis, dll. Untuk komposisi rimpangnya bisa diubahsuaikan dengan impian kita. Saya sendiri biasanya meramu sereh, jahe merah dan ada perhiasan daun pandan yang menciptakan aromanya menjadi lebih harum.  

Awalnya memang terasa sangat aneh, alasannya yaitu tidak ada penambahan gula sama sekali. Kalaupun ingin menambahkan gula maka bisa memakai gula aren. Namun, sehabis setiap harinya rutin dilakukan, maka hal abnormal yang awal dirasakan menjadi biasa, justru ketika saya tidak menciptakan racikan air rimpang, rasanya ada yang kurang. Kamu berani mencoba?


Beban badan semakin hari semakin terasa berat, sedangkan usia terus bertambah dan semakin menua. Lalu bagaimana kita menjaga kesehatan badan ini semoga bisa tetap sehat di ketika muda dan bau tanah nantinya. Tips JSR ala dr.Zaidul Akbar ini bisa menjadi salah satu pilihan dari sekian kiat sehat yang sudah ada. Kitalah yang bisa memilih mana pilihan yang sempurna untuk kondisi badan kita. Semoga semakin hari kesehatan kita semakin terjaga dan bisa menjaga badan ini sebaik-baiknya.

Salam sehat.
  
  
  


Post a Comment

0 Comments