Tips Menikmati Makanan Lezat Tanpa Rasa Bersalah

Pizza, kuliner favorite (Sumber : Pixabay)


Bismillahirrohmanirrohiim.

Dalam melaksanakan acara sehari-hari tentunya kita membutuhkan tenaga yang cukup. Karenanya kita perlu menjaga asupan nutrisi yang sesuai semoga badan sanggup bergerak dengan aktif sehingga semua kegiatan kita sanggup berjalan dengan lancar. Lalu asupan nutrisi ibarat apa yang kita butuhkan? Konsumsi kuliner yang sehat merupakan bab yang terpenting dalam memenuhi asupan sehari-hari. Makanan yang lezat dan nikmat menjadi pilihan kita. Namun, apakah kuliner yang lezat sudah benar-benar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang diharapkan tubuh? Yuk, simak selengkapnya.

Fungsi kuliner bagi tubuh
Makanan merupakan kebutuhan primer bagi kita, maksudnya suatu kebutuhan yang sangat penting untuk kelangsungan hidup kita sehari-hari. Selain makan kita juga membutuhkan cairan dalam jumlah yang cukup. Bila asupannya kurang maka badan akan lebih cepat lemas. Begitupun dengan makanan. Misalnya sesudah berpuasa, dalam kurun waktu sekitar 13 jam, badan kita merasa lemas dan haus tak tertahankan, sehingga ketika berbuka yang paling diinginkan ialah minum dahulu selanjutnya gres makan.

Begitupun dalam keseharian kita, asupan kuliner yang cukup akan menciptakan kita tidak gampang letih dan terus berenergi sehingga semua acara sanggup berjalan dengan baik. Konsumsi kuliner yang kita asup mulai dari makan pagi sampai malam penting diperhatikan dan semuanya kita atur sedemikian rupa semoga asupannya sanggup seimbang.
   
Makanan yang baik bagi tubuh
Makanan yang sesuai dengan kebutuhan badan sebaiknya ialah kuliner yang menciptakan kita terus berenergi, sehat dan kuat. Makara bukan semata kuliner tersebut menciptakan kita merasa kenyang saja. Bila kita hanya memandang kuliner untuk mengenyangkan saja maka kita bisa menyesal nantinya. Kenapa? Karena semua yang terserap oleh badan nantikan akan memperlihatkan reaksi. Lalu apa reaksinya?

Misalnya jikalau kita banyak mengkonsumsi kuliner berlemak maka imbas bagi badan bisa kegemukan, mengalami penyakit jantung, kadar kolesterol tinggi, dll. Makanan lezat intinya tetap boleh kita konsumsi, tetapi apapun yang dimakan sebaiknya tidak berlebihan atau tetap dalam batas sewajarnya saja.  

Tips menentukan makanan
Makanan sehat (Sumber : Freepik)
Makanan yang masuk ke dalam badan selayaknya sanggup memperlihatkan bantuan yang baik untuk kesehatan, jadi bukan hanya untuk memenuhi hasrat lapar saja. Karenanya kita juga sanggup menentukan mana kuliner yang baik dan mana yang kita batasi konsumsinya. Tips menentukan kuliner antara lain :
  • Dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh
  • Tidak mengandung zat penambah citarasa ibarat mengandung pewarna, rasa bagus yang tinggi, dll.
  • Higienis
  • Terlihat segar

Menjaga keseimbangan makanan
Semakin hari kuliner yang kita jumpai semakin bervariasi. Mulai dengan tampilan warna yang menarik, rasanya nikmat, dan bentuk yang memikat. Tentunya hal ini menjadi godaan tersendiri. Awalnya mungkin terlihat biasa, tetapi ketika didekati ternyata semakin menarik hati dan kitapun terpengaruhi untuk melahapnya. Eehmmm nikmat.Makanan yang mengandung asupan nutrisi akan menciptakan badan kita terjaga dengan optimal.

Sumber materi kuliner yang diharapkan badan ialah :
  • Karbohidrat, berasal dari beras, tepung-tepungan, umbi, cereal, makaroni, roti.
  • Protein terdiri dari 2 macam, yaitu protein hewani (ikan, ayam, telur, dll) dan nabati ibarat tahu, tempe.
  • Lemak, sumbernya ibarat minyak, margarin, butter.
  • Vitamin dan mineral yang terdapat dalam sayuran dan buah-buahan.

Menjaga teladan makan
Pola makan yang sebaiknya kita perhatikan, antara lain :
1. Cukup asupan air putih.
2. Cukup serat, baik dari sayuran juga buah-buahan.
3. Tidak berlebihan mengonsumsi kuliner berlemak.
4. Hindari alkohol.
5. Konsumsi gula secukupnya, ibarat dari kopi, teh, minuman kemasan, dll.
6. Hindari kuliner yang mengandung pengawet berbahaya.
7. Konsumsi kuliner segar, ibarat buah-buahan juga sayur.
8. Tidak makan berlebihan.
9. Makan dengan teratur.

Makan lezat tanpa rasa bersalah
Buah penting untuk badan (Sumber : Pixabay) 
Asupan kuliner sehari-hari yang terjaga akan menciptakan metabolisme badan bekerja dengan lebih baik. Walaupun untuk  menjaga badan selalu sehat, tidak hanya konsumsi kuliner yang berperan penting. Menjaga teladan hidup, rajin berolahraga, asupan air putih yang cukup juga menjadi faktor penunjang yang tak kalah pentingnya.

Namun, memperhatikan apa yang kita makan merupakan hal yang sanggup kita jaga setiap saat, semoga apapun yang kita konsumsi sanggup memperlihatkan dampak yang baik juga untuk kesehatan. Jadi, kapanpun dan dimanapun kita tetap bisa makan enak. Yaitu makan dengan mengetahui batasan mana yang sebaiknya dijalankan dan dihindari. Kitalah yang mengatur kesehatan diri dan yang lebih mengetahui bagaimana menjaga badan ini sebaik-baiknya.


Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments