Pentingnya Mencuci Tangan

Mencuci tangan. (Sumber : Freepik)


Hi sobat... Menurut kau kenapa sih kita perlu mencuci tangan? Iiih betul banget. Untuk menjaga kebersihan. Setuju ya. Mencuci tangan ialah salah satu belahan dari menjaga kesehatan diri dan hal ini perlu kita lakukan sehari-hari. Memang sih terkadang kita lupa melakukannya, contohnya dikala simpulan beraktivitas, sebab capek, kita eksklusif istirahat dulu deh, padahal jikalau kita membersihkan diri dulu dengan mencuci tangan, tentu rasanya akan jauh lebih nyaman.

Tidak hanya dilakukan oleh orang cukup umur saja ya, tetapi belum dewasa juga sanggup dibiasakan biar mereka sanggup juga memahami arti kebersihan diri. Lalu kapan aja sih, kita perlu mencuci tangan?  


Waktu mencuci tangan
Biasanya kita mencuci tangan dikala akan dan sesudah makan, tetapi bergotong-royong ada waktu lain yang sebaiknya juga kita lakukan, yaitu :
  • Setelah beraktivitas.
  • Seusai buang air.
  • Saat hendak menyusui.
  • Setelah memegang binatang peliharaan.


Cara mencuci tangan
Mencuci tangan tidak cukup dengan menciptakan tangan berair saja, tetapi juga memerlukan sabun biar kuman dan kuman yang hinggap di tangan sanggup dimusnahkan. Saat membersihkan tangan, tidak hanya belahan telapak saja yang kita basuh, tetapi sanggup menyeka sela-sela jari dari telunjuk hingga jari manis, sehingga kondisi tangan kita benar-benar higienis dan nyaman untuk melaksanakan acara selanjutnya.   
Mengajarkan anak cara mencuci tangan yang benar. (Sumber : Freepik)

Manfaat mencuci tangan
Salah satu contoh hidup sehat ialah menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan secara rutin. Manfaatnya tidak hanya menciptakan telapak tangan menjadi higienis saja, tetapi juga sanggup mencegah penyebaran kuman dan kuman yang ada di sekitar kita. Bakteri dan kuman sangat gampang menyebar luas dan sanggup menyebabkan penyakit menyerupai diare, kecacingan, juga benjol pernafasan.

Penyakit ini tidak hanya rentan untuk belum dewasa saja ya. Namun, semua mempunyai risiko tertular penyakit tersebut. Kuman, kuman ataupun virus dari orang yang menderita batuk sanggup dengan gampang berpindah ke orang lain melalui jabat tangan. Maka hal inilah yang perlu kita antisipasi.

Epilog
Musim kemarau yang hingga dikala ini terus dirasakan, tentunya membutuhkan perhatian dalam menjaga kesehatan diri kita. Ya, cuaca panas akan menciptakan debu dan kotoran gampang beterbangan. Karenanya mencuci tangan memakai sabun merupakan salah satu cara melindungi badan kita. Membiasakan diri dengan menjaga kebersihan tentu akan menjadi sebuah rutinitas yang sanggup kita lakukan setiap saat.   

Membiasakan contoh hidup sehat juga perlu dibiasakan semenjak dini pada anak-anak. Mengajarkan bagaimana cara mencuci tangan yang benar, kapan saja anak mencuci tangannya dan terus mengingatkan bila anak lupa melakukannya. Agar belum dewasa lebih paham dan memahami dengan baik, maka orang renta juga sanggup menawarkan klarifikasi apa saja manfaat mencuci tangan, sehingga nantinya anak sanggup terus melaksanakan kebiasaan baik ini.




Semoga bermanfaat.  


Post a Comment

0 Comments