Mengurai Nasihat Melalui Cerpen


 
E-Book (Sumber : Pixabay)
Bismillah.


Gadis muda nan bersahaja asal Tuban ini terus bersemangat mengalirkan nasihat dari cerpen yang ditulisnya. Kata demi kata di rangkai dengan penuh makna hingga tercipta kisah yang gampang di pahami oleh setiap pembaca. Di tengah kesibukan aktivitasnya sehari-hari, gadis dengan dengan sapaan Pebri atau Ika ini tetap berusaha bisa menghasilkan karya-karyanya yang indah. Melalui cerpen, Ika mengaku menjadi lebih percaya diri alasannya yaitu bisa mengungkapkan apa yang ingin disampaikannya melalui dongeng dan merasa bahwa melalui penulisan cerpen atau bacaan fiksi inilah cara pandangnya menjadi lebih berwarna.    

Merasa masih menjadi pemula dalam dunia penulisan cerpen, hingga membutuhkan waktu yang usang dalam membuat hasil karyanya. Disaat membutuhkan ide dalam sebuah penulisan, acara yang dilakukan untuk membangkitkan semangat menulisnya kembali dengan mengendapkan dahulu goresan pena yang sudah dibuat, membaca cerpen hasil karya orang lain atau melaksanakan istirahat sejenak. Namun, jikalau di kejar deadline, hasil cerpen pun bisa kejar tayang dalam waktu yang singkat. Beberapa hasil karyanya yang sudah dibukukan yaitu :  

1. Tiga Gadis di Hari Raya, dibukukan dalam antologi bersama berjudul Indahnya Cinta di Hari Fitri, Marsua Media (2018).
2. Hati yang Sempat Berbunga, dibukukan dalam antologi lomba fiksimini berjudul Lembaran Baru, Rekan Media Publisher (2018).
3. Tempatku Berlabuh, dibukukan dalam antologi Ruang Tengah, Motivaksi Inspira (2018).
4. Tentang Rindu dan Seorang Tamu di Rumah, dibukukan dalam antologi Klasik, Penerbit Embrio (2019).

Kegiatan yang paling disukai yaitu membaca, alasannya yaitu menurutnya dengan membaca maka hati menjadi bahagia. Bacaan fiksi menyerupai novel atau kumcer menjadi salah satu pilihannya. Seperti akhir-akhir ini sedang menyukai cerpen media, biasanya membaca dari situs lakonhidup.com sedangkan, untuk buku-buku non-fiksi suka dengan tema pengalaman hidup, motivasi, atau tips.

Dari buku-buku yang selama ini dibacanya, mengaku penulis novel yang dikala ini menjadi inspirasinya antara lain Asma Nadia, Tere Liye juga Andrea Hirata dan akan terus bertambah dengan semakin banyaknya karya lain yang dibaca selanjutnya. Untuk penulis cerpen yang disukai yaitu Seno Gumira Ajidarma, Muna Masyari, dan Mashdar Zainal.

Pesan dari sang guru yang masih terus diingatnya yaitu hal yang sanggup dilakukan oleh seorang penulis selain membaca yaitu menonton film dan serial Harry Potter, X-men, film-film marvel, disney, menjadi pilihannya juga tetap menikmati film-film hasil karya anak bangsa.  

Nama           : Pebri Ika
Nama pena   : Pebri Ika
TTL              : Tuban, 18 Maret 1996
Agama          : Islam
Profesi         : Kariyawan Swasta
Status          : Belum Menikah
Alamat         : Dusun Caper RT.04/RW.03 Cepokorejo, Kec Palang, Kab Tuaban
E-mail          : [email protected]
IG                : @pebriika
FB                : Pebri Ika
Pendidikan Terakhir :      
D3 - Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta


Biografi PJ ODOP Batch 7, untuk melengkapi tantangan pekan terakhir.






Post a Comment

0 Comments