Khasiat Dan Jenis Buah Kurma Untuk Kesehatan

Pohon kurma (Sumber : Pixabay)


Hai ... Kamu suka kurma? Ya, buah kurma kesukaan Nabi itu. Rasanya bagus dan ada beberapa jenis varian di pasaran lho. Misalnya kurma Sukari, Palmfruit, Ajwa, kurma muda, dll. Jenis apa yang biasa kau makan?

Kurma selalu identik dengan bulan Ramadhan. Kurma disarankan sebagai hidangan ketika berbuka puasa. Kurma mengandung glukosa yang bisa menggantikan asupun badan yang berkurang selama berpuasa. Namun, sesungguhnya kurma tidak selalu dikonsumsi ketika bulan berkat saja. Hari-hari biasapun tetap bisa di konsumsi lho. Memang rasanya berbeda dengan buah-buahan pada umumnya dan  mempunyai keistimewaan tersendiri. Sudah tahukah apa saja manfaat dari buah Nabi ini?


Manfaat konsumsi buah kurma
Buah kurma ternyata sudah dibudidayakan semenjak 6000 tahun sebelum masehi. Sangat usang dan populasi pohonnya masih terus ada sampai ketika ini. Luar biasa ya. Buah yang berasal dari Timur Tengah ini mempunyai citarasa yang enak, lembut dan nikmat. Meski keberadaannya lebih dirasakan ketika bulan Ramadhan, tetapi bagi penyuka kurma, di bulan biasa pun tetap dicari dan di konsumsi.

Kandungan kurma yang paling di kenal yaitu mempunyai sekitar 50-70 persen glukosa yang sanggup memulihkan energi sehabis seharian berpuasa. Apa sih manfaat makan buah kurma ini? Manfaatnya antara lain :
1. Mengatasi konstipasi
Kandungan serat larut yang tinggi bisa menggiatkan pergerakan usus sehingga masakan yang tidak terserap badan sanggup dibuang, akhirnya dikatakan bahwa konsumsi rutin buah kurma bisa melancarkan susukan pencernaan.

2. Mengatasi gangguan usus
Serat yang terdapat dalam buah kurma tidak hanya yang larut saja, tetapi juga ada kandungan serat tidak larut dan kaya akan asam amino. Hal ini menciptakan asupan zat gizi yang terserap lebih banyak daripada yang dibuang.
Buah kurma (Sumber : Pixabay)

3. Sebagai pelengkap alami
Kurma berupakan sumber fruktosa yaitu gula alami yang terdapat dalam buah.

4. Mengatasi anemia
Buah kurma mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga bisa membantu proses pembentukan sel darah merah, juga mengurangi rasa lelah dan lesu.

5. Sumber energi
Kurma mempunyai kandungan glikosa, fruktosa dan sukrosa, sehingga bisa menjadi cemilan yang bisa mendongkrak energi tubuh.

6. Bebas lemak jenuh
Konsumsi kurma setiap hari tidak akan menciptakan badan menjadi kegemukan, alasannya yaitu tidak ada kandungan lemak jenuh, kolesterol dan sodium.

7. Banyak nutrisinya
Zat gizi yang terkandung dalam buah kurma cukup lengkap dan membantu kebutuhan nutrisi tubuh, mirip karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.


Jenis buah kurma yang biasanya di konsumsi
Pasar Tanah Abang menjadi salah satu tempat yang menjual banyak sekali buah tangan umroh dan haji, salah satunya kurma dan hanya ada kurma kering ya. Untuk menentukan bisa diadaptasi dengan harapan dan kesukaan kita. Buah kurma mempunyai banyak jenis, tetapi yang biasa kita konsumsi antara lain :

1. Kurma muda
Kurma muda (Sumber : Pixabay)
Kurma muda memang tidak terlalu banyak dipasaran, tetapi bukan berarti sulit didapat ya. Kurma jenis ini sudah mulai dikenal dan dicari terutama oleh pasangan muda, untuk aktivitas hamil alasannya yaitu bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan laki-laki dan wanita. Kurma jenis ini ada 3 warna yaitu hijau, kuning dan merah. Untuk rasa tentunya berbeda dengan kurma kering. Rasa kurma muda cenderung ada rasa sepat.

2. Kurma Ajwa
Sering disebut dengan kurma kesukaan Nabi Muhammad SAW, sehingga dari segi harga juga cukup tinggi. Warnanya hitam, ukurannya agak besar dan rasanya hampir ibarat kismis.

3. Kurma Palmfruit
Bentuknya identik lonjong, agak ramping, rasanya bagus dan banyak tersedia di supermarket dengan kemasannya yang khas.

4. Kurma Sukari
Kurma Sukari mempunyai bentuk yang agak besar, lembut dan warna dagingnya kecokelatan mirip karamel. Sering disebut sebagai kurma ratu atau kurma raja alasannya yaitu menjadi kurma yang paling disukai di daerah Arab dan Timur Tengah.

5. Kurma Madjool
Kurma asal Amerika Serikat ini, bentuknya lebih besar dari jenis kurma yang lain, sehingga mendapat julukan ‘kurma raja’. Ya, bentuknya besar, lembut dan dagingnya juga tebal. Rasanya makan sebutir saja sudah terasa kenyang. Sesuai dengan julukannya, dari sisi harga juga terbilang tidak mengecewakan mahal, sebanding dengan bentuk dan ukurannya.

Epilog
Buah kurma yang selalu ada di bulan Ramadhan, ternyata mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Jenisnya yang beragam, rasanya bagus dan bisa menambah energi yang cepat sangat cocok untuk hidangan ketika berbuka puasa. Namun, konsumsinya juga bisa di hari-hari biasa, sebagai cemilan yang yummy dan sehat tentunya. Tidak hanya di makan secara langsung, tetapi juga bisa ditambahkan dalam air yaitu sebagai infused water. Selamat menikmati rasa manisnya.
  
Semoga bermanfaat.


Sumber :
honestdocs.id
doktersehat.com

Post a Comment

0 Comments