Sudahkah Sdm Kita Sesuai Harapan? Kadin Segera Tingkatkan Kualitas Sdm Untuk Indonesia Maju Dan Produktif



Sumber daya insan (SDM) mempunyai tugas yang sangat penting dalam meningkatkan kemajuan dan perkembangan bangsa. Indonesia yang merupakan negara berkembang dengan aneka macam ragam kekayaan alamnya, ternyata masih mempunyai nilai SDM yang kurang.

Bank Dunia memberikan kesimpulan mengenai kondisi SDM di Indonesia dalam laporan kuartalnya pada bulan Juni 2018, bahwa untuk daerah yang sama, SDM Indonesia daya saingnya masih berada di bawah negara-negara lain. Namun, untuk tingkat partisipasi sekolah di Indonesia telah tumbuh secara signifikan meskipun belum bisa meningkatkan daya saing.

Inilah yang  masih menjadi PR bangsa Indonesia. Meningkatkan kemajuan dan kemampuan SDM semoga bisa mempunyai daya saing dan terus tumbuh berkembang dengan lebih baik.

Faktor yang berperan dalam peningkatan SDM
Beberapa hal yang menjadi perhatian dalam meningkatkan kualitas SDM yang unggul, antara lain :

1. Pendidikan
Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2019 menjadi indikator tingkat kualitas SDM, yaitu proporsi penduduk yang umurnya 15 tahun ke atas dan mempunya ijazah tinggi hanya 8,8%, Sekolah Menengan Atas 26,4%, Sekolah Menengah Pertama 21,2%, SD merupakan jumlah paling banyak, yakni 43,7%.


Berdasarkan data tersebut, mampukah kiranya bangsa kita menghadapi tantangan masa industri 4.0? Data BPS ini memperlihatkan bahwa pendidikan menjadi kunci utama dalam meningkatkan kualitas SDM dan hasil SDM yang belum maksimal sanggup dipengaruhi oleh banyak faktor. Karenanya dibutuhkan akselerasi yang bersinergi antara aneka macam pihak untuk mewujudkan SDM yang didambakan yaitu SDM yang unggul, inovatif dan produktif sehingga nantinya bisa bersaing dengan negara lain.
  
2. Ekonomi
Faktor ekonomi menjadi kunci kemakmuran suatu negara dan khususnya rakyat. Tingkat ekonomi yang rendah akan mempengaruhi pendidikan yang diraih untuk generasi selanjutnya. Berdasarkan data BPS laju pertumbuhan ekonomi pada kuartal III 2019 ialah sebesar 5,02% secara tahunan. Hal ini tentunya menjadi penilaian bagi pemerintah dan dibutuhkan secepat mungkin bisa meningkatkan laju ekonomi rakyat kembali.  


Peran pemerintah dan pengusaha
Tekad pembangunan SDM tentu tidak sepenuhnya sanggup dilakukan oleh pemerintahan semata, tetapi membutuhkan sinergi yang besar lengan berkuasa dengan pihak pengusaha ibarat Kadin yang dibutuhkan bisa menawarkan sumbangsih yang besar untuk mencetak generasi penerus yang unggul dan kreatif.

Kadin Indonesia merupakan salah satu organisasi terbesar yang terdiri dari para pengusaha dan mempunyai kesepakatan untuk memajukan perekonomian negara. Pengusaha yang nantinya bisa menawarkan donasi dalam mencetak anak bangsa sebagai entrepreneur-entrepreneur muda yang tangguh sehingga sanggup meningkatkan nilai ekonomi di aneka macam sektor.

Ini menjadi impian dan keinginan semua rakyat, semoga semakin hari jumlah entrepreneur semakin meningkat. Bukan sebaliknya, yaitu jumlah entrepreneur berkurang sebab efek laju ekonomi yang menurun. Training, motivasi, pendampingan dan saling menawarkan support tentunya menjadi proteksi yang sangat penting. Adanya saling membantu dan bekerja sama akan semakin memudahkan calon entrepreneur terus berani unjuk gigi dan berkembang lebih baik.    
     
  
Pelatihan dan pelatihan yang diadakan sanggup dimulai dari belum dewasa lulusan Sekolah Menengan Atas semoga mampu membentuk jiwa-jiwa entrepreneur sedini mungkin. Pelatihan yang diberikan pun terus berjenjang, semoga sanggup memastikan bagaimana hasil selanjutnya. Hal ini memang sudah mulai terlaksana, tetapi perlu terus dilakukan secara berkesinambungan semoga hasil yang dibutuhkan sanggup benar-benar terwujud.
Membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya selain sanggup meningkatkan kemampuan daya saing juga membentuk kepribadian diri semoga terus terasah dengan keahlian dan ilmu yang dimilikinya sebab semakin hari tingkat persaingan terus semakin ketat.

Rapimnas yang diadakan Kadin bulan November 2019 lalu, semakin menguatkan perencanaan untuk tahun mendatang. Mampu terus menggeliat dan bergerak maju semoga program-program yang sudah disepakati sanggup terwujud sesuai harapan.
Akankah nantinya Kadin dan pemerintah bisa terus bersinergi untuk membuat generasi impian itu? Keyakinan itu tetap ada sebab semua perubahan dimulai dengan melaksanakan tindakan terlebih dahulu. Hasil yang nantinya terlihat akan di penilaian semoga bisa menjadi lebih baik di tahapan selanjutnya.

Para pengusaha! Bentuk dan tempalah anak bangsa ini semoga sanggup mengikuti jejakmu. Berikan proteksi dengan sarana dan prasarana yang ada semoga calon-calon entrepreneur terus tumbuh dan berani bertindak untuk meningkatkan kemampuan diri dan usahanya. Bukan semata untuk menambah pundi-pundi saja, tetapi bisa terus maju dengan go-publik penuh keberanian dan produk yang mempunyai daya saing tinggi. Saat para entrepreneur terlihat loyo, berikanlah proteksi dan support kembali semoga bisa berdiri lagi. Karena menghadapi kegagalan tidaklah mudah, butuh tekad yang besar lengan berkuasa untuk sanggup terus maju.
Namun, setiap usaha yang dilakukan niscaya akan membuahkan hasil, meskipun dengan usaha usang dan peluh yang membasahi tubuh. Inilah jiwa entrepreneur, yang tidak gampang menyerah, pantang mundur dan selalu mempunyai penemuan juga berdaya kreativitas. 

Semoga bangsa Indonesia terus maju dengan produknya yang unggul dan inovatif, hasil anak bangsa yang berperan sebagai entrepreneur- entrepreneur muda. Semangat terus Kadin. Di pundakmu kami, rakyat Indonesia mengantungkan impian untuk mencetak generasi unggul dan produktif demi kemajuan dan kejayaan bangsa.     


Semangat berjuang dan terus maju.  



Referensi :

Post a Comment

0 Comments