Makanan Yang Sebaiknya Di Hindari Ketika Hamil

Menjaga konsumsi masakan selama kehamilan (Sumber : Freepik)


Hai Bunda ....

Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh. Namun, kita juga harus berhati-hati pada masakan yang kita konsumsi. Khususnya bagi ibu hamil. Selama masa kehamilan perlu memperhatikan dan menjaga asupan sehari-hari. Terlebih ibu hamil membutuhkan masakan dalam jumlah yang lebih banyak daripada kondisi sebelumnya. Sehingga ada yang menyampaikan bahwa ketika hamil, konsumsi makannya menjadi lebih banyak. Ya, alasannya yakni bagi ibu hamil masakan tidak semata untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk janin yang dikandungnya. Karenanya menjaga masakan yang di konsumsi penting dilakukan biar kesehatan ibu dan janin terus terjaga sampai persalinan. Lalu adakah masakan yang dihindari selama masa kehamilan? Apa saja ya.

1. Makanan mentah atau setengah matang
Mengkonsumsi masakan mentah atau setengah matang bagi ibu hamil sangat tidak disarankan, alasannya yakni bertujuan untuk lebih menjaga daya tahan tubuh. Makanan tersebut kemungkinan mengandung basil ataupun zat yang berbahaya bagi tubuh. Contohnya ibarat telur, daging, kerang juga sayuran.

Telur memang kaya dengan kandungan protein dan bermanfaat bagi ibu hamil. Namun, telur mentah atau setengah matang sanggup mengandung Salmonella yang memicu mual, muntah, diare, demam bagi ibu hamil. 

2. Makanan bahari yang mengandung merkuri
Mengonsumsi ikan tentunya menjadi hal yang baik bagi ibu hamil alasannya yakni ikan mengandung nutrisi yang penting bagi badan dan perkembangan janin ibarat asam lemak omega 3, protein, vitamin juga mineral. Namun, kekhawatiran yang terjadi ketika ini yakni kadar merkuri yang terdapat dilautan. Maka ibu hamil sanggup menentukan jenis ikan yang kondusif ibarat ikan teri, lele, tuna, gurame, nila, dll.  
 
Pilih jenis ikan yang kondusif di konsumsi. (Sumber : Freepik)
3. Makanan yang tidak di basuh bersih
Pentingnya menjaga kebersihan tidak hanya pada lingkungan rumah dan sekitarnya, tetapi juga pada semua materi masakan yang akan kita konsumsi, ibarat sayuran juga buah-buahan. Kenapa sih masakan yang kita akan di konsumsi perlu dicuci higienis dahulu? Karena pada sayuran dan buah-buahan tersebut masih terdapat pestisida juga kemungkinan terdapat kuman dan basil ibarat salmonella dan e.colli.

Lalu bagaimana cara mencuci sayuran dan buah yang benar?
- bersihkan dahulu sayuran dan buah-buahan dari plastik pembungkus, atau akar yang masih menempel.
- Cuci tangan dahulu sebelum mencuci sayuran dan buah.  
- Memotong bagian-bagian yang rusak.
- Membersihkan dengan memakai air yang mengalir.
- Agar lebih bersih, sanggup memakai sabun khusus pencuci sayuran dan buah.
- Bilas sampai benar-benar bersih.
- Tiriskan, tempatkan dalam wadah yang bersih, lalu simpan dalam lemari pendingin.

4. Mengandung kafein atau alkohol
Menjaga asupan cairan tentunya menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil. Asupan air putih yang disarankan sekitar 3 liter per hari. Lalu apakah ibu hamil dihentikan minum kopi atau teh?

Minum teh dan kopi bagi ibu hamil ada baiknya dalam jumlah yang terbatas atau tidak sama sekali. Berapa banyak yang diminum sanggup dikonsultasikan dahulu dengan dokter karena nantinya akan disesuaikan dengan kondisi ibu selama masa kehamilan. Selain air putih tentu yang disarankan untuk ibu hamil yakni konsumsi susu. Ya, tujuannya untuk lebih menambah asupan nutrisi ibu dan mengoptimalkan perkembangan janin.

Epilog
Menjaga kesehatan ibu dan janin menjadi bab yang sangat penting, yaitu mulai dari awal kehamilan sampai menjelang persalinan. Harapan utama tentu menjaga kondisi ibu dan janin sehat. Dan untuk menjaga kesehatan ini, salah satu tindakan yang dilakukan dengan memperhatikan jenis masakan yang dikonsumsi.

Makanan yang dikonsumsi tidak semata untuk memenuhi kebutuhan saat lapar saja, tetapi asupannya juga untuk menjaga kondisi badan biar sanggup sehat dan bugar. Penting kiranya ibu hamil mengetahui apa saja jenis masakan yang sebaiknya dihindari selama masa kehamilan ini.

Semoga bermanfaat.    

Post a Comment

0 Comments