Kenali Lebih Bersahabat Apa Dan Bagaimana Hipertensi Biar Kesehatan Tetap Terjaga

Tahukah bahwa semakin hari yang mengalami penyakit tekanan darah tinggi terus bertambah Kenali Lebih Dekat Apa dan Bagaimana Hipertensi semoga Kesehatan Tetap Terjaga
Tekanan darah tinggi. (Sumber : Pixabay)



Tahukah bahwa semakin hari yang mengalami penyakit tekanan darah tinggi terus bertambah. Badan Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi akan terjadi lonjakan penderita ini sampai 29 persen pada tahun 2025 mendatang. Tekanan darah tinggi sanggup dialami oleh semua orang dan sanggup terjadi tanpa disadari. 

Ada yang mengatakan, bahwa tekanan darah tinggi selalu ditandai dengan kondisi seseorang yang suka marah-marah, benarkah? Ternyata tidak, alasannya yaitu tekanan darah tinggi atau di kenal dengan Hipertensi ini sanggup dipengaruhi oleh banyak faktor. Lalu bagaimana cara mengenali atau mengetahui  kondisi tersebut?

Kadar tekanan darah
Sebelum memastikan apakah kita mengalami tekanan darah rendah atau tinggi, maka diharapkan investigasi lebih lanjut, yaitu dengan pengecekan tekanan darah. Tekanan darah yang mencapai nilai 130/80 mmHg atau lebih memberikan bahwa kondisinya sudah melebihi batas normal.

Saat melaksanakan pengecekan tekanan darah, terdapat istilah tekanan sistolik dan distolik, sudah tahukah apa yang dimaksud? Istilah ini berkaitan dengan sistem kerja jantung, yaitu tekanan darah sistolik yaitu tekanan dikala jantung memompa darah untuk mengedarkannya ke seluruh tubuh. Sedangkan tekanan diastolik yaitu dikala tekanan otot jantung melaksanakan relaksasi sebelum memompa darah kembali. Nah, sudah sanggup dimengertikan istilahnya. Lalu berapakah tekanan darah yang normal?  

Tahukah bahwa semakin hari yang mengalami penyakit tekanan darah tinggi terus bertambah Kenali Lebih Dekat Apa dan Bagaimana Hipertensi semoga Kesehatan Tetap Terjaga
Pemeriksaan tekanan darah. (Sumber : Pixabay)
Perkumpulan dokter jantung di Amerika Serikat, AHA, tahun 2017 memberikan bahwa tekanan darah diklasifikasikan :

  • Normal : dibawah dari 120/80 mmHg
  • Meningkat : berkisar antara 120-129 mmHg tekanan sistolik dan < 80 mmHg tekanan diastolik
  • Hipertensi 1 : antara 130/80 mmHg sampai 139/89 mmHg
  • Hipertensi 2 : antara 140/90 mmHg sampai melebihi.

Faktor penyebab dan cara mengatasi Hipertensi
Kondisi terjadinya hipertensi sanggup dipengaruhi oleh banyak sekali faktor, antara lain:

  • Penyalahgunaan obat-obat terlarang menyerupai NAPZA
  • Kondisi kehamilan
  • Lanjut usia
  • Adanya riwayat dalam keluarga
  • Kebiasaan merokok

Berdasarkan faktor penyebabnya ini, maka kita sanggup mengetahui apa yang sebaiknya dilakukan untuk menjaga kondisi badan semoga selalu sehat dan bugar. Ya, langkah awal yaitu dengan menjalani contoh hidup sehat.

Pola hidup sehat sanggup dilakukan dengan menjaga konsumsi makan, olahraga yang teratur, kurangi garam, tidak merokok juga menghindari penggunaan obat - obatan terlarang dan tak lupa melaksanakan investigasi kesehatan secara teratur untuk memastikan kondisi tubuh.
Tahukah bahwa semakin hari yang mengalami penyakit tekanan darah tinggi terus bertambah Kenali Lebih Dekat Apa dan Bagaimana Hipertensi semoga Kesehatan Tetap Terjaga
Sakit kepala, salah satu tanda-tanda hipertensi. (Sumber : Pixabay) 

Gejala hipertensi
Gejala hipertensi yang umumnya dirasakan antara lain :

  • Pusing
  • Mual
  • Sakit kepala
  • Detak jantung terasa tidak beraturan
  • Nyeri dada
  • Penglihatan buram

Kondisi dikatakan gawat darurat jikalau penderita mengalami sakit kepala atau pusing dan disertai dengan terjadinya mimisan. Maka segeralah ke dokter untuk mendapat tindakan lebih lanjut.

Hipertensi merupakan keadaan seseorang yang mengalami tekanan darah melebihi kadar normal, yaitu 130/80 mmHg atau lebih. Gejala yang di alami sering kali tidak dirasakan dan terjadi tiba-tiba sehingga penderita tidak menyadarinya. Mengetahui terus meningkatnya jumlah penderita penyakit ini, maka sudah selayaknya kita sanggup terus menjaga contoh hidup sehat, baik dengan menjaga masakan yang di konsumsi, melaksanakan olahraga secara teratur dan selalu berusaha berpikiran positif.

Memang bukan hal yang gampang untuk melakukannya, tetapi kesehatan yaitu aset yang tak terhingga mahalnya, alasannya yaitu itu jagalah kesehatan ini semaksimal mungkin. Hipertensi dikenal sebagai jenis penyakit yang tersembunyi atau sulit terdeteksi, karenanya penting melaksanakan investigasi secara rutin semoga kondisi kita tetap sehat.

Salam sehat.


Referensi :




Post a Comment

0 Comments