Ini Yang Dilakukan Supaya Anak Jadi Cerdas Dan Keluarga Senang


 child daughter congratulates moms and gives her a postcard and flowers tulips Ini yang Dilakukan Agar Anak Makara Cerdas dan Keluarga Bahagia
Bagi ibu, kebahagiaan anak yaitu segalanya. (Sumber : Freepik) 

Kebahagian seorang ibu yaitu melihat belum dewasa tercintanya tumbuh sehat, cerdas dan ceria. Buah hati menjadi kepingan yang penting dan ibu berusaha untuk terus menjaganya sebaik mungkin. Bagaikan gelas yang dijaga dengan baik biar tidak terjatuh, sehingga keberadaannya terus dirawat dan diperhatikan dengan seksama.

Lalu apakah hanya belum dewasa dan keluarga saja yang perlu dijaga kebahagiaannya? Bagaimana dengan kebahagiaan ibu? Tahukah bahwa dengan menjaga kebahagiaan seorang ibu maka nantinya akan tumbuh generasi bangsa yang senang juga cerdas. Ini yang menjadi PR setiap keluarga, membuat ibu selalu senang setiap saat.  

Ibu yaitu pendidik awal anak.
Sejak dalam kandungan, interaksi antara orangtua dan janin mulai di bentuk. Mendengarkan lantunan ayat suci, musik klasik, mengajaknya berbincang, menunjukkan usapan lembut juga membisikkan kata-kata yang indah. Bonding ini akan membuat keterikatan yang indah antara orangtua khususnya ibu dengan buah hati tercinta.

 child daughter congratulates moms and gives her a postcard and flowers tulips Ini yang Dilakukan Agar Anak Makara Cerdas dan Keluarga Bahagia
Ibu menjadi pendidik pertama anak-anaknya. (sumber : Pixabay)

Lalu sehabis anak mulai tumbuh secara perlahan, ibulah yang pertama menunjukkan isyarat dalam menjalankan suatu perbuatan, diajarkan cara duduk, makan, bangun juga membaca doa. Ini menjadi pendidikan awal pembentukan huruf anak. Ibu tak pernah berhenti mengingatkan juga menunjukkan perhatian untuk tumbuh kembang buah hatinya, bahkan sampai anak-anaknya sudah tumbuh dewasa. Tak ada kata pupus dalam kamus seorang ibu.  
      
Kebahagiaan anak dimulai dari kebahagiaan ibu.
Kebahagian seorang anak bermula dari ibu dahulu. Kenapa menyerupai itu? Karena dengan kondisi ibu yang senang juga mood yang stabil maka apa yang ibu lakukan semua penuh keceriaan. Kondisi ibu ini tentunya membuat anak menjadi lebih semangat, gampang berkonsentrasi dan jadi lebih percaya diri.  

Apa kesannya kalau emosi ibu sedang membayangi? Ibu jadi gampang marah, emosional, terlihat gampang lelah dan jadi sensitif. Efeknya yaitu anak kurang konsentrasi, ikut gampang murka juga, tidak percaya diri dan prestasi berguru kurang.

Cara membahagiakan ibu.
Ibu menjadi penggagas dalam keluarga yang bisa mewarnai dengan indah didalamnya, baik dengan senyuman, keceriaan, ataupun kesedihan. Karenanya kita perlu menjaga kondisi ibu biar bisa selalu terjaga dengan baik setiap saat. Emosi stabil juga moodnya nyaman sehingga aura kebahagiaan bisa terpancar dengan indah. Dukungan pasangan cukup berperan yang mau saling membuatkan dalam aktivitas dirumah, juga adanya saling pengertian. Ikatan yang berpengaruh antara suami dan istri ini akan menunjukkan energi yang berpengaruh bagi ibu untuk menjalankan kiprah kesehariannya dengan baik.   

Berikan juga ibu kesempatan untuk menikmati waktunya, biar energinya tidak pernah surut. Ya, dengan melaksanakan me time. Berikan kesempatan itu sejenak atau bisa bersama keluarga disaat waktu liburan. Tentunya menjadi hal yang sangat menyenangkan.

 child daughter congratulates moms and gives her a postcard and flowers tulips Ini yang Dilakukan Agar Anak Makara Cerdas dan Keluarga Bahagia
Anak tumbuh sehat, cerdas dan ceria. (Sumber : Pixabay)

Anak tumbuh sehat dan cerdas menjadi impian semua orangtua. Namun, bagaimana membentuknya kalau kondisi keluarga dalam keadaan kurang nyaman, apakah hal ini bisa terwujud? Kecerdasan anak memang bisa dibuat sebab banyak sekali faktor, menyerupai genetik, juga stimulasi.

Anak yang diberikan dengan teladan asuh yang membahagikan akan membentuk karakternya juga menjadi senang dan cerdas menjaga emosionalnya. Cerdas bukan semata dalam hal akademik saja tetapi, juga perlu dijaga dalam menata emosinya serta bisa memahami akan perubahan yang terjadi.

Maka bahagiakanlah ibumu, orang yang paling akrab dengan belum dewasa dan selalu membersamai tumbuh kembangnya. Doa ibu juga yang bisa menjadi cahaya dalam menerangi masa depan buah hati tercinta. Dibalik kekhawatiran yang dirasakannya, ibu selalu mengiringi belum dewasa dengan doa dan impian biar bisa selalu senang dan mencapai apa yang menjadi harapannya kelak.

Salam bahagia.  
  


Tulisan ini diikutsertakan dalam blog challenge Indscript Writing 'Perempuan Menulis Bahagia'

Post a Comment

0 Comments