Harapan Tak Kunjung Datang? Yuk, Hiasi Diri Supaya Kita Selalu Merasa Senang Di Segala Kondisi

Setiap manusia pastinya mempunyai keinginan dan harapan Harapan Tak Kunjung Datang? Yuk, Hiasi Diri semoga Kita Selalu Merasa Bahagia di Segala Kondisi
Kesedihan tak boleh terus berlarut. (Sumber : Pixabay)


Setiap manusia pastinya mempunyai keinginan dan harapan. Meraih asa dengan penuh semangat dan kesungguhan semoga sanggup menjadi kenyataan. Namun, apakah semua yang kita inginkan sanggup menjadi kenyataan? Bisa ya atau tidak. Bagaimana jikalau harapan itu tak kunjung datang?  
Pastilah kesedihan akan terus menggelayut, bahkan sanggup membuat seseorang menjadi galau dan merana. Lalu bagaimana sebaiknya kita menghadapi kondisi ini? Haruskah terus memaksakan kehendak atau akan menyakiti diri sendiri dengan bersedih dan bermuram durja saja? Apa yang sebaiknya dilakukan?

1. Tenangkan diri
Rasa galau ataupun murung tak berkesudahan mungkin akan terus dirasakan dikala kita merasa kecewa dengan harapan yang tidak terwujud. Sebelumnya kita sudah membayangkan bagaimana rasanya jikalau harapan itu nyata. Namun, alhasil ini yang terjadi, harapan itu melayang.
Sedih yang terus berlarut akan membuat kita merugi alasannya ialah nafsu makan menurun, gampang emosi, juga hilang konsentrasi. Maka, cobalah menenang diri sesaat. Ambil air wudu. Basuhlah organ badan dengan penuh rasa kesungguhan. Rasakan kesegarannya. Lalu salatlah.     

2. Lakukan penilaian
Saat menenangkan diri, maka lakukanlah penilaian akan apa yang sudah kita jalani dalam mewujudkan harapan tersebut. Renungkan apa jadinya jikalau inginan itu terwujud, apakah benar nantinya akan sesuai menyerupai bayangan kita? Belum tentu, alasannya ialah Allah selalu punya rencana yang indah dibalik setiap kejadian yang kita alami.
Setiap manusia pastinya mempunyai keinginan dan harapan Harapan Tak Kunjung Datang? Yuk, Hiasi Diri semoga Kita Selalu Merasa Bahagia di Segala Kondisi
Buka hati untuk sharing. (Sumber : Pixabay)

3. Sharing dengan sobat atau keluarga
Saat pikiran membuncah, sharinglah dan ungkapkan semua yang dirasakan dengan teman, kerabat ataupun keluarga, semoga apa yang memenuhi dada menjadi terasa ringan. Curahkan semuanya kepada orang yang amanah sehingga apapun yang kita alami tidak akan diketahui oleh orang lain.

4. Terus berhusnuzon dengan Allah
Setiap manusia selalu mempunyai harapan yang besar sampai segala perjuangan dilakukan semaksimal mungkin. Namun, Allah mempunyai kehendak akan segala sesuatunya. Tak ada yang tak mungkin bagi Allah alasannya ialah Dia Maha Tahu dan Maha Segalanya. Maka hanya kepada-Nya kita berserah diri dan berusaha untuk selalu berhusnuzon akan apa yang kita alami.

5. Meniti kembali harapan
Hari terus berjalan dan waktu pun terus berputar. Meski sebelumnya kita belum berhasil meraih harapan bukan berarti kita akan mengalami kekecewaan terus. Maka atur kembali langkah ke depan untuk menyongsong hari esok yang gemilang. Kesedihan boleh dirasakan, tetapi janganlah kita terus larut didalamnya sampai menjadi manusia yang merugi. Kebahagian niscaya akan sanggup kita raih selama kita terus berusaha. Allah Maha Mengetahui akan segala sesuatu.

Setiap manusia pastinya mempunyai keinginan dan harapan Harapan Tak Kunjung Datang? Yuk, Hiasi Diri semoga Kita Selalu Merasa Bahagia di Segala Kondisi
Terus optimis. (Sumber : Pixabay)

Nabi Muhammad SAW bersabda,
“Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, jangan engkau lemah. Jika engkau tertimpa suatu musibah, maka janganlah engkau katakan: ‘Seandainya saya lakukan demikian dan demikian.’ Akan tetapi hendaklah kamu katakan:’Ini sudah menjadi takdir Allah. Setiap apa yang telah Dia kehendaki niscaya terjadi.’ Karena perkataan law (seandainya) sanggup membuka pintu setan.” HR. Muslim
Manusia hanyalah manusia lemah yang tak berdaya tanpa adanya pinjaman dan kuasa Allah SWT. Usaha yang kita lakukan tak selamanya akan memperlihatkan hasil yang gemilang, tetapi ada kalanya kita akan mengalami kesedihan. Namun, jikalau kita melaksanakan penilaian kembali, banyak hikmah yang didapatkan dari kesedihan itu. Allah selalu sayang pada hamba-Nya. Tidak ada hal yang jelek dari kejadian yang kita alami alasannya ialah semuanya bab dari takdir Allah.

Maka bukan keluhan dan amarah yang seharusnya terlontarkan, tetapi kita perlu melaksanakan penilaian kembali dan tetap berhusnuzon dengan kehendak-Nya. Allah lah yang membuat kita dan mempunyai kehendak sepenuhnya akan diri ini. Karenanya Allah selalu memperlihatkan yang terbaik untuk semua hamba-Nya. InsyaAllah.

Salam husnuzon.
  
  

Post a Comment

0 Comments