Bagaimana Mencetak Generasi Keluarga Yang Di Banggakan


Buku parenting 

Hai Sobat ....

Apakah yang menjadi impian keluarga, khususnya orang tua? Tentu salah satunya bisa mencetak generasi penerus yang menjadi kebanggaan. Ya, keturunan yang nantinya menunjukkan bantuan untuk keluarga selanjutnya. Namun, apakah kita sudah mempersiapkan untuk mencapai impian tersebut? Jawabannya semua membutuhkan proses dan waktu. Bila tidak di proses maka impian hanya menjadi semu semata dan jikalau sudah di proses, berarti impian itu akan menjadi kenyataan, kemudian tindakan selanjutnya yaitu terus memaksimalkan proses yang sudah di jalani.
Sesuai dengan impian tersebut, saya ingin mereview buku menarik berikut :

Judul           : Mencetak Generasi Rabbani Mendidik Buah Hati Menggapai Ridha Ilahi
Penulis        : Ummu Ihsan dan Abi Ihsan al-Atsari
Penerbit      : Pustaka Imam Asy-Syafi’i
Terbit          : 2014
Halaman      : 299

Kita semua bergotong-royong menyadari bahwa menunjukkan pendidikan untuk generasi keluarga menjadi hal yang penting sehingga pendidikan mulai dilakukan semenjak dini. Lalu akan dibuat ibarat apakah generasi keluarga ini?
Allah SWT mengingatkan dalam firman-Nya :

“Setiap yang bernyawa akan mencicipi mati. Dan hanya pada hari Kiamat sajalah diberikan dengan tepat balasanmu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh ia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya.”
QS. Ali Imran : 185

Mengingat akan hal tersebut maka hakikat kehidupan ini, selalu orang bau tanah tidaklah hanya mempersiapkan anak dengan pendidikan yang mengukir prestasi untuk dunia semata, tetapi juga perlu membekalinya untuk kebahagiaan di darul abadi kelak. Anak merupakan amanah bagi orang tuanya, tetapi anak juga bisa menjadi ujian kehidupan. Karenanya sebagai orang bau tanah hendaknya tidak teperdaya dengan amanah ini hingga menjadi lalai akan semua nikmat yang telah Allah berikan. (hal. 9)
Pembahasan yang disampaikan dalam buku ini yaitu :

1. Bermula menjadi individu yang terus membenahi diri, alasannya yaitu keshalihan orang bau tanah merupakan modal utama dalam mencetak generasi yang diharapkan. Yaitu, sebelum menikah hendaknya setiap manusia berusaha terus membenahi dirinya sehingga pasangan yang didapatkan nanti bisa menunjukkan pertolongan akan apa yang menjadi keinginan tersebut.

2. Orang bau tanah menunjukkan perhatian terhadap janin. Seperti apakah perhatian yang dilakukan orang bau tanah terhadap janin yang dikandungnya? Buku ini menunjukkan klarifikasi lengkap dan terang seputar perhatian tersebut antara lain dengan berdoa, dzikir, membaca al qur’an, menjaga perilaku. Memberikan sentuhan yang lembut juga berkasih sayang serta menjaga konsumsi makanan yang halal dan bergizi.   

3. Mempersiapkan generasi yang didambakan tidak hanya sekedar melahirkan semata, tetapi juga membutuhkan didikan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk hal tersebut maka buku ini menjelaskan sikap ibarat apakah yang sebaiknya dilakukan orang bau tanah selaku pendidik pertama dalam kehidupan anak-anaknya kelak.

4. Rumah merupakan pendidikan awal huruf dan jiwa anak, sehingga orang bau tanah perlu membekali generasinya dengan ilmu-ilmu yang mendasar, ibarat keimanan, keislaman juga dalam hal berperilaku. Ini menjadi pondasi yang penting dalam pembentukan anak.
Buku ini juga menunjukkan ulasan lain yang tidak kalah pentingnya, yaitu bagaimana cara membuatkan potensi anak, mengenalkan anak pada masyarakat juga apa yang sebaiknya dilakukan orang bau tanah dalam mendukung perkembangan anak di usia selanjutnya juga menunjukkan edukasi seputar pendidikan seksual.  

Mempersiapkan generasi impian keluarga menjadi bab yang penting sehingga orang bau tanah dan calon orang bau tanah perlu melaksanakan persiapan semenjak dini. Buku ini bisa menunjukkan citra apa dan bagaimana yang sebaiknya dilakukan orang bau tanah dalam mewujudkan keinginan tersebut, menciptakan buku ini diminati hingga ketika ini sudah mencapai cetakan yang ke dua. Terbitan awal yaitu tahun 2014 dan cetakan yang ke dua tahun 2015.

Tema yang di ulas cukup terang bahkan bisa menberikan pemahaman gres untuk berusaha mewujudkan impian tersebut.



Semangat membaca. Semoga banyak hikmah yang didapat.

  



Post a Comment

0 Comments